Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia International Water Week 2020

INDO-2 Stakeholders Consultation Meeting untuk The 2nd AIWW Meeting. (Dok. Kemenpu PR)

18 Nov 19 - Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia akan menjadi tuan rumah The 2nd Asia International Water Week (AIWW) yang diselenggarakan pada 2020. The 2nd AIWW merupakan wadah yang tepat untuk merumuskan alternatif solusi maupun inovasi seputar pengelolaan sumber daya air yang dapat diterapkan di Indonesia dan juga mungkin di negara lain dengan persoalan serupa.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Indonesia memiliki dua masalah yang umum terjadi, yaitu pemerataan ketersediaan air dan penurunan kualitas air.
"Ketersediaan air Indonesia di atas kertas tampak oke, namun bila dilihat lebih detail ke masing-masing daerah sebenarnya ketersediaannya tidak merata antara suatu daerah dengan daerah lain," ujar Basuki dalam acara bertajuk Stakeholders Consultation Meeting untuk The 2nd AIWW Meeting, Jakarta, Senin (11/11).

Beban yang ditanggung oleh suatu daerah juga berbeda-beda. Pulau Jawa contohnya, ketersediaan air tampak cukup bila melihat luasan pulaunya. Namun Pulau Jawa menanggung beban lebih dari setengah penduduk Indonesia.
"Selain isu pemerataan air, ada juga isu penurunan kualitas air. Pencemaran air meningkat terutama dari limbah domestik dan industri--domestic and industrial waste. Hal ini menyebabkan kerusakan serius dari sungai," ujarnya.
Atas dua permasalahan pengelolaan air tersebut telah dilakukan solusi struktural maupun nonstruktural. Solusi yang tidak hanya melibatkan pihak pemerintah pusat tetapi juga melibatkan pemerintah daerah, swasta, dan lembaga swadaya masyarakat.
Acara yang rencananya dilangsungkan di Pulau Dewata itu diharapkan dapat merumuskan solusi-solusi praktis yang dapat diterapkan langsung di lapangan.
"Kita harus bekerja sama untuk membuat rencana aksi ke depan untuk mengatasi masalah-masalah air di Asia. Saya yakin, kolaborasi yang tengah dibangun ini akan membentuk sinergi pengelolaan air di Asia," ujar Basuki.
Sekadar informasi, The 2nd AIWW direncanakan berlangsung di Bali pada akhir 2020. The 2nd AIWW Kick-off Meeting dan The 3rd General Assembly Meeting telah menentukan enam tema besar, yaitu:
1. Water Security and Sustainable Growth
2. Building a Plan for IWRM/SWM Pilot Project and Capacity Building
3. Water Management Policy and Technology Responding to Climate Change
4. Interactions among the Water, Energy, Food, and Ecosystems Interlinkage
5. Water Security addressing local, regional, and global challenges
6. Asia Dynamic Hub for Water - The power of knowledge and information (fef)


Bali: The tropical Indonesian island that is runni...
Indonesia: Wading Through Indonesia's New Water Re...
Comment for this post has been locked by admin.
 

Comments

Comments are not available for users without an account. Please login first to view these comments.

Providing you the latest news, insights, opportunities and events from the Indonesia water sector.

Indonesia Water Journal

Subscribe to our newsletter.