Kenali 7 Jenis Pipa Air dan Kegunaannya!

tampak-dekat-pipa-air-pvc-by-dekoruma_com Pipa air PVC umum dijual di sekitar kita - (pic) oleh dekoruma.com
Pipa air merupakan salah satu elemen bangunan paling fungsional pada hunian. Kebutuhan air bersih di hunian pun bisa disalurkan dengan baik, bahkan limbah rumah tangga seperti air kotor juga bisa didistribusikan secara optimal.

Di pasaran, pipa air terdiri dari berbagai jenis dengan kegunaannya masing-masing. Daripada kamu salah memilih, Kania akan membahas masing-masing jenis pipa air beserta kegunaannya. Ayo, simak artikel ini selengkapnya! 

Pipa Air PVC

Penampilan pipa air PVC - (pic) oleh pastigroup.co.id

Dijual dengan harga terjangkau dan memerlukan proses instalasi yang mudah, pipa air PVC merupakan salah satu jenis pipa yang sangat populer digunakan di hunian. Terbuat dari bahan polivinil klorida dan tidak mengandung zat berbahaya, pipa ini aman digunakan untuk menyalurkan air bersih dan menjadi saluran air buangan seperti air hujan maupun kotoran. Karakteristiknya yang antiapi dan licin menjaga ketahannya dan menjaga aliran air agar bebas tersendat.

Pipa Air PVC-O 

Pipa air pvc-o tampa dekat - (pic) oleh jalurpipa.com
Varian pipa air selanjutnya adalah PVC-O. Pipa ini merupakan pengembangan dari bahan PVC yang diproduksi menggunakan metode bi-axial sehingga ikatan antar molekul bahan baku menjadi sangat kuat dengan material yang lebih tipis sehingga lebih efektif dalam menampung volume air.

Pipa jenis PVC-O juga mempunyai tingkat keretakan yang tergolong rendah, lebih kuat dibandingkan jenis PVC biasa. Hal ini membuat pipa air PVC-O menjadi lebih ideal sebagai saluran air yang lebih tahan lama. 

Pipa Air CPVC

Pipa air cpvc tampak dekat - (pic) oleh pipaplastik.com

Variasi lainnya adalah pipa air CPVC (Chlorinated Polyvinyl Chloride). Merupakan pengembangan dari pipa PVC, jenis pipa yang satu ini memiliki kelebihan pada kemampuannya yang tahan terhadap suhu lebih dari 180 derajat Celsius. Dengan material yang jauh lebih tebal, pipa jenis CPVC sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menginstalasi saluran air panas dan air dingin di hunian karena tahan terhadap perubahan suhu. 

Pipa Air HDPE 

Tampilan pipa air HDPE hitam garis biru - (pic) oleh adibratagraha.com

Jenis pipa air lain yang bisa kamu gunakan adalah HDPE (High Density Polyethylene). Terbuat dari plastik non-toxic dengan elastisitas tinggi, pipa ini sangat aman dalam mengalirkan air untuk konsumsi rumah tangga. Berkat karakternya yang sangat kuat dan elastis, pipa jenis HDPE pun sangat cocok dipasang di perumahan yang berlokasi di tanah berkontur tidak stabil, curam, hingga rawan bencana. 

Pipa Air PP-R 

Pipa air PP-R berwarna hijau toska yang unik - (pic) oleh klikpipa.co.id

Selanjutnya, terdapat pipa air PP-R yang terbuat dari bahan polypropylene random dan memiliki karakter unik karena dapat menyalurkan air bertekanan dan bersuhu tinggi. Tersedia dalam warna hijau yang sangat unik, pipa jenis PP-R dapat dipakai guna kebutuhan sanitasi di hunian. Selain itu, pipa ini memiliki sederet kelebihan lainnya seperti antiabrasi, tahan gempa, lentur dan berbobot ringan sehingga memudahkan proses instalasi. 

Pipa Air PEX 

Pipa air PEX berwarna-warni - (pic) oleh familyhandman.com

Ada pula pipa air PEX yang merupakan kepanjangan dari Cross-linked Polyethylene. Pipa ini bisa dimanfaatkan untuk saluran air panas dan air dingin ke hunian, serta instalasi hidrolik karena sifatnya yang tahan terhadap suhu ekstrim. Instalasi pipa jenis PEX pun tergolong sederhana jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya karena cukup menggunakan cincin penghalang khusus untuk mengamankan sambungan. Warnanya yang berbeda akan memudahkan identifikasi saluran air panas dari air dingin. 

Pipa Air SDR-41 

Pipa air SDR-41, berwarna merah bata - (pic) oleh hargapipahdpe.com

Berbeda dengan jenis pipa lainnya, pipa air SDR-41 dikhususkan untuk pembuangan limbah. Pipa SDR-41 ini memiliki ketebalan yang optimal untuk saluran fluorida berupa limbah tanpa tekanan, serta memiliki karakter berwarna cokelat sehingga memudahkan identifikasi jenis saluran air.

Masing-masing jenis pipa air di atas memiliki karakter dan fungsi berbeda untuk dipasang di hunian. Namun yang paling penting, selalu gunakan pipa air yang memiliki standarisasi khusus sehingga penggunaannya aman dan tahan lama.


Disusun oleh tim konten dekoruma.com, dan telah terbit di halaman ini: Kenali 7 Jenis Pipa Air dan Kegunaannya!.

Bagaimana mengolah limbah air rumah tangga? Yuk, I...
Publication: Blue book 2018 on EU-Indonesia; Devel...
Comment for this post has been locked by admin.
 

Comments

Comments are not available for users without an account. Please login first to view these comments.

Providing you the latest news, insights, opportunities and events from the Indonesia water sector.

Indonesia Water Journal

Subscribe to our newsletter.