Tim Indonesia Water Portal berkesempatan mengunjungi pameran Indo Water Expo dan Forum 2019 di JCC, Jakarta selama 3 hari dari tanggal 17-19 Juli 2019. Kami berupaya mengunjungi tiap stan dan menggali informasi bagi pengunjung web ini agar anda dapat mendapat informasi terkini tentang pasar industri air di Indonesia atau global pada umumnya. Acara yang dapat dikunjungi oleh orang umum secara gratis ini, diisi oleh hampir 400 peserta pameran dari puluhan negara. Selain Indo Water, ada beberapa acara yang terkait dengan pembangunan, misalnya Indo Energy, Indo Waste, Indo Firex, Indo Pooltech, Indo Security dan rangkaian Indonesia International Smart City. 

Salah satu stan pameran yang kami kunjungi memang berposisi di sisi pinggir hall, tidak di tengah atau di lokasi yang dilewati banyak orang, namun stan ini menawarkan solusi yang cerdas. Mereka menyebut servisnya "trenchless pipelining technology", secara umum Perma-Liner, nama perusahaan tersebut, menjelaskan bahwa mereka melakukan perbaikan atau pembangunan jaringan pipa baru tanpa penggalian/pembongkaran (sub surface construction work).

Dengan menggunakan teknologi terkini, mereka mengklaim mampu mengganti pipa dalam tanah tanpa perlu merusak dan membongkar permukaannya. Skala aplikasinya dapat dinikmati oleh industri besar, menengah, bahkan sampai level rumah tangga. Produk pipa nya diklaim mampu awet sampai 50 tahun. Sebuah investasi yang menguntungkan tentunya dibanding cara konvensional.

Cari mereka di pameran ini untuk bertanya-tanya lebih lanjut.


Penulis: Aulia Rahman

Penyunting: Aulia Rahman