Tim Indonesia Water Portal berkesempatan mengunjungi pameran Indo Water Expo dan Forum 2019 di JCC, Jakarta selama 3 hari dari tanggal 17-19 Juli 2019. Kami berupaya mengunjungi tiap stan dan menggali informasi bagi pengunjung web ini agar anda dapat mendapat informasi terkini tentang pasar industri air di Indonesia atau global pada umumnya. Acara yang dapat dikunjungi oleh orang umum secara gratis ini, diisi oleh hampir 400 peserta pameran dari puluhan negara. Selain Indo Water, ada beberapa acara yang terkait dengan pembangunan, misalnya Indo Energy, Indo Waste, Indo Firex, Indo Pooltech, Indo Security dan rangkaian Indonesia International Smart City.

Stan pameran Budapest Waterworks sangat sederhana, kalau dibandingkan dengan stan peserta pameran lainnya. Tidak ada demo alat, tidak ada banner berdiri, tidak ada TV LCD, hanya meja dan hiasan dinding. Tapi tim Budapest Waterworks, Peter dan Benedek, dengan lugas menjelaskan portofolio perusahaannya. Dengan cepat tim IWP berdiskusi mengenai proyek JO (joint operation) dengan perusahaan di Indonesia untuk membangun 34 instalasi air minum berbasis masyarakat di seluruh Indonesia, dengan nilai total proyek sebesar 34.6 Juta dolar amerika. Instalasi air minum tersebut tidak sebesar instalasi PDAM, oleh karena itu dapat dibangun dengan cepat dan dapat menyebar di banyak kabupaten terpencil.

Proyek serupa mirip dengan Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) yang menargetkan masyarakat yang memiliki pemasukan rendah sebagai penggunanya, sehingga air bersih dapat dijangkau masyarakat. Perusahaan ini juga dengan bangga menceritakan kiprahnya sudah 150 tahun sejak didirikan. 


Penulis: Aulia Rahman

Penyunting: Aulia Rahman