Tim Indonesia Water Portal berkesempatan mengunjungi pameran Indo Water Expo dan Forum 2019 di JCC, Jakarta selama 3 hari dari tanggal 17-19 Juli 2019. Kami berupaya mengunjungi tiap stan dan menggali informasi bagi pengunjung web ini agar anda dapat mendapat informasi terkini tentang pasar industri air di Indonesia atau global pada umumnya. Acara yang dapat dikunjungi oleh orang umum secara gratis ini, diisi oleh hampir 400 peserta pameran dari puluhan negara. Selain Indo Water, ada beberapa acara yang terkait dengan pembangunan, misalnya Indo Energy, Indo Waste, Indo Firex, Indo Pooltech, Indo Security dan rangkaian Indonesia International Smart City.

Ada begitu banyak perangkat keras yang dibuat oleh perusahaan pengelolaan air limbah, perusahaan pengolah limbah padat, dan oleh perusahaan industri daur ulang. Komponen perlengkapannya dari tahun ke tahun selalu berinovasi dan dimutakhirkan agar memenuhi syarat kelayakan dari badan otoritas standar setempat. Colubris Cleantech, sebuah perusahaan yang memiliki diversifikasi produk dan jasa untuk pengelolaan-pengelolaan tersebut telah hadir 30 tahun yang lalu dan sampai sekarang terus mengembangkan dan memutakhirkan proses-proses tersebut.

Flotation, salah satu alat untuk memproses air limbah dengan cara menginjeksikan udara ke dalam air limbah, sehingga kotoran berukuran mikro dapat mengapung karena terikat dengan gelembung udara yang diinjeksikan dari bawah tanki flotation. Selanjutnya kotoran yang mengapung dikumpulkan dan dipisahkan dari air tersebut untuk menuju proses berikutnya.

Proses pengolahan tersebut adalah salah satu dari beberapa produk dan jasa yang diberikan oleh Colubris Cleanthech. Colubris juga menyediakan teknologi untuk menangani limbah organik, limbah padat, serta proses daur ulang lainnya.


Penulis: Aulia Rahman

Penyunting: Aulia Rahman