Pameran Air #8: Memindai Pipa Yang Tidak Terlihat

Share this article:

Hendi dan Joe memperagakan alat pemindai di sela-sela expo - (pic) oleh Aulia Rahman Hendi dan Joe memperagakan alat pemindai di sela-sela expo - (pic) oleh Aulia Rahman

Tim Indonesia Water Portal (IWP) berkesempatan mengunjungi pameran Indo Water Expo dan Forum 2019 di JCC, Jakarta selama 3 hari dari tanggal 17-19 Juli 2019. Kami berupaya mengunjungi tiap stan dan menggali informasi bagi pengunjung web ini agar anda dapat mendapat informasi terkini tentang pasar industri air di Indonesia atau global pada umumnya. Acara yang dapat dikunjungi oleh orang umum secara gratis ini, diisi oleh hampir 400 peserta pameran dari puluhan negara. Selain Indo Water, ada beberapa acara yang terkait dengan pembangunan, misalnya Indo Energy, Indo Waste, Indo Firex, Indo Pooltech, Indo Security dan rangkaian Indonesia International Smart City.

Sudah lama kita mengetahui bahwa frekuensi radio memiliki banyak fungsi yang bermacam-macam, mulai dari telekomunikasi, audio, antariksa, dan fungsi-fungsi nir-kabel lainnya. Sebuah perusahaan Amerika Serikat, mengembangkan alat yang menggunakan radio frekuensi UHF untuk mendeteksi pipa PVC (dan sejenisnya) yang ada di dalam tanah sampai kedalaman 5-8 meter. Frekuensi radio yang digunakan berfungsi 'membaca' kepadatan yang ada di dalam tanah, yang menginformasikan kepada pengguna untuk mengetahui ada atau tidaknya pipa di dalam tanah, serta dapat memperkirakan ukurannya dan fungsinya.

Rekayasa industri konstruksi bawah tanah (sub-surface) tidak henti-hentinya dilakukan oleh para ahli. Rekayasa ini sangat penting karena diharapkan dapat menghemat waktu dan biaya dalam pengerjaan bawah tanah. Seringkali biaya dan waktu terbuang hanya untuk merenovasi kontruksi yang sudah tekubur di dalam, karena sulit nya mencari dokumentasi terkait proyek di masa lalu, sehingga mau tidak mau, pembongkaran menjadi satu-satunya metode.

Teknologi yang diusung oleh SubSurface Instruments ini juga diadopsi oleh NASA dan badan-badan penting lainnya untuk mengetahui informasi dalam tanah tanpa melakukan penggalian. Lebih lanjut tim dari perusahaan tersebut menjelaskan kalau alat ini cocok bagi pekerjaan konstruksi, instansi pemerintahan, industri tambang, serta industri minyak bumi karena mereka bekerja banyak dengan pipa dan konstruksi bawah tanah.


Penulis: Aulia Rahman

Penyunting: Aulia Rahman

Share this article:

0
Menengok Pasar Industri Air Bersih Dan Pengolahan ...
Pameran Air #7: Keran dan Fitting Untuk Perpipaan ...

Providing you the latest news, insights, opportunities and events from the Indonesia water sector.

Indonesia Water Journal

Subscribe to our newsletter.