Pameran Air #9: Penanganan Limbah Yang Menjawab Kebutuhan Energi

Share this article:

Industri penanganan limbah padat - (pic) oleh Donasonic Industri penanganan limbah padat - (pic) oleh Donasonic

Tim Indonesia Water Portal (IWP) berkesempatan mengunjungi pameran Indo Water Expo dan Forum 2019 di JCC, Jakarta selama 3 hari dari tanggal 17-19 Juli 2019. Kami berupaya mengunjungi tiap stan dan menggali informasi bagi pengunjung web ini agar anda dapat mendapat informasi terkini tentang pasar industri air di Indonesia atau global pada umumnya. Acara yang dapat dikunjungi oleh orang umum secara gratis ini, diisi oleh hampir 400 peserta pameran dari puluhan negara. Selain Indo Water, ada beberapa acara yang terkait dengan pembangunan, misalnya Indo Energy, Indo Waste, Indo Firex, Indo Pooltech, Indo Security dan rangkaian Indonesia International Smart City.

Kita semua memahami kalau penanganan limbah (cair atau pun padat) pasti memiliki tantangan sendiri, meski pun secara teori semua metodenya sama dan tujuannya juga sama. Namun ada beberapa hal yang menjadikan suatu lokasi penanganan limbah menjadi berbeda satu sama lainnya, biasanya karakter sosial ekonomi lingkungan sekitar, jenis limbah yang tersedia, lokasi, hasil akhir daur ulangnya, serta perangkat-perangkat peraturan yang berbeda pada setiap kebijakan. Untuk menangani perbedaan-perbedaan tersebut, biasanya suatu proyek penanganan limbah akan melakukan pengkajian terhadap keseluruhan aktivitas tersebut. 

...

Donasonic waste processing systems - YouTube

Donasonic Waste systems allow processing of high volumes of mixed waste to secondary fuel sources, material recovery and more

Salah satu perusahaan dari Inggris, yang bernama Donasonic, memiliki keahlian dalam menyediakan teknologi tepat guna untuk kebutuhan pengolahan limbah. Perusahaan ini menggunakan keahliannya selama puluhan tahun di bidang rekayasa engineering untuk membantu pengolahan sampah dan limbah padat menjadi proyek daur ulang yang bermanfaat.

Salah satu proyek yang ditangani oleh perusahaan yang bermarkas di Yorkshire ini adalah proyek pembangkit listrik energi terbarukan yang menggunakan bahan bakar biomassa. Targetnya di tahun 2015, tenaga biomassa ini akan menggantikan 10% porsi energi yang dihasilkan oleh batu bara. Bahan bakar biomassa yang digunakan adalah limbah organic rumah tangga. Sampai tahun 2015, otoritas energi di China memperkirakan sekitar 280kWh dapat dihasilkan dari 1 ton bahan biomassa melalui proyek tersebut. Peta jalan penggunaan energi dari limbah dan sampah di China diperkirakan terus berkembang sampai saat ini.


Penulis: Aulia Rahman

Penyunting: Aulia Rahman 

Share this article:

0
Indonesia announces site of capital city to replac...
Menengok Pasar Industri Air Bersih Dan Pengolahan ...

Related Posts

Providing you the latest news, insights, opportunities and events from the Indonesia water sector.

Indonesia Water Journal

Subscribe to our newsletter.